Tautan-tautan Akses

General Motors Dituduh Menipu Pemeriksaan Emisi Truk Diesel


ARSIP – Foto yang diambil tanggal 16 Mei 2014 ini menampilkan logo General Motors di kantor pusat perusahaan tersebut di Detroit, Michigan (foto: AP Photo/Paul Sancya, Arsip)

General Motors digugat oleh dua pemilik truk yang mengajukan gugatan hukum bersama dengan tuduhan perusahaan itu menukangi pikup-pikup diesel untuk menipu tes-tes emisi pemerintah.

Dua pemilik truk telah mengajukan gugatan hukum bersama terhadap General Motors, dengan menuduh perusahaan itu menukangi pikup-pikup diesel untuk menipu tes-tes emisi pemerintah.

Gugatan itu diajukan Kamis di pengadilan federal di Detroit, markas besar perusahaan terbesar mobil Amerika itu.

General Motors atau GM dituduh memasang tiga alat pada ratusan ribu truk, supaya truk-truk itu menghasilkan lebih sedikit polutan dalam tes-tes daripada yang mereka hamburkan di jalan.

Gugatan itu juga menyebut nama-nama perusahaan Bosch yang berbasis di Jerman karena dituduh bekerjasama dengan GM untuk membuat alat-alat tersebut. GM menyebut tuduhan-tuduhan itu “tidak berdasar,” sedangkan Bosch menolak untuk berkomentar mengenai masalah hukum yang sedang berlangsung.

Harga saham GM merosot dua persen Kamis karena berita itu.

GM adalah perusahaan mobil raksasa terbaru yang dituduh berusaha mengelabui tes-tes emisi. Departemen Kehakiman Amerika menggugat perusahaan mobil Fiat Chrysler awal pekan ini.

Volkswagen Jerman membayar milyaran dolar setelah perusahaan itu mengaku menipu dalam tes-tes emisi pemerintah. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG