Tautan-tautan Akses

Gempa Bumi Kuat Guncang Pulau Jawa


Warga di Cilacap, Jawa Tengah berusaha mencari tempat yang lebih tinggi karena khawatir terjadinya tsunami pasca gempa Jumat (15/12).

Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang Jakarta dan kota-kota lain di pulau Jawa hari Jumat (15/12). Pihak berwenang melaporkan paling sedikit satu orang tewas.

Para petugas bantuan bencana mengatakan gedung- gedung runtuh di beberapa daerah Jawa bagian barat dan sebuah rumah sakit dikosongkan setelah mengalami kerusakan. Gempa tersebut membuat bangunan-bangunan bergoyang di Jakarta.

Pihak berwenang mengatakan seorang berusia 62 tahun meninggal di wilayah Ciamis , Jawa barat karena terperangkap di bawah sebuah rumah yang roboh.

Mereka mengatakan paling sedikit lima orang lainnya dilaporkan luka-luka.

Para pejabat masih mencoba untuk menilai kerusakan akibat gempa yang terjadi tepat sebelum tengah malam waktu setempat.

Survei Geologi Amerika mengatakan pusat gempa berada sekitar 50 kilometer barat daya kota Tasikmalaya.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami untuk sebagian pantai di Jawa, yang merupakan tempat tinggal lebih dari 250 juta orang - lebih dari separuh penduduk Indonesia. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan tidak ada tsunami yang terdeteksi.

Indonesia berada di kawasan "Ring of Fire", atau Cincin Api, sebuah garis patahan lempeng bumi di Samudera Pasifik di mana sering terrjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi. [sp/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG