Tautan-tautan Akses

AS

Gelombang Panas Melanda Amerika Barat Laut Minggu Ini


Seorang laki-laki berlari menjauh ketika pancuran air di International Fountain di Seattle Center menyemburkan air ke arahnya di tengah sengatan gelombang panas di Seattle, 2 Agustus 2017.

Ratusan ribu warga negara bagian California utara, Oregon dan Washington mengalami gelombang panas yang mencapai rekor tanpa bisa mendinginkan tubuh dalam ruangan yang punya alat pendingin.

Kata para pakar suhu tinggi mulai dari kawasan pantai sampai ke pedalaman akan mencapai antara 37 sampai 43 derajat Celsius.


Pakar David Bishop mengatakan, suhu di kota Portland, Oregon sudah mencapai 40 sampai 40, 5 derajat Celsius hari Rabu dan Kamis.


Di kota Seattle, yang suhunya biasanya sedang-sedang saja, hari Kamis ini akan mencatat 37,7 derajat Celsius. Suhu setinggi itu hanya terjadi tiga kali dalam 123 tahun terakhir, kata pejabat cuaca setempat.


Karana suhu di Seattle jarang panas, hanya sepertiga rumah yang punya alat pendingin ruangan atau AC. “Biasanya kami tidak perlu alat pendingin seperti itu,” kata Dana Felton, pakar meteorologi di Seattle kepada the Seattle Times.


Kota terbesar di barat laut Amerika itu telah membuka kira-kira 30 perpustakaan dan pusat-pusat kegiatan manula yang memiliki AC untuk orang-orang yang kepanasan. Pejabat kota juga menganjurkan penduduk supaya menggunakan puluhan kolam-kolam dangkal yang tersebar di kota itu untuk mendinginkan badan. (ii)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG