Tautan-tautan Akses

Garda Revolusi Iran Mulai Latihan Pasukan Darat Dekat Perbatasan Irak


Sebuah drone diluncurkan saat berlangsungnya latihan tempur drone skala besar Tentara Republik Islam Iran, di Semnan, Iran 4 Januari 2021. (Foto: Iranian Army / WANA/ Handout via REUTERS)

Pasukan paramiliter Garda Revolusi Iran, Kamis (11/2), memulai latihan pasukan daratnya di dekat perbatasan Irak, kata TV pemerintah Iran.

Laporan itu mengatakan latihan tahunan, yang dijuluki “nabi besar'', tersebut sedang berlangsung di barat daya negara itu dan bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan mengevaluasi pasukan.

Sejumlah pesawat nirawak (drone) dan helikopter akan digunakan dalam latihan ini juga.

Dalam beberapa bulan terakhir, Iran telah meningkatkan latihan militernya sementara negara itu berusaha menekan Presiden Joe Biden terkait perjanjian nuklir, yang menurut Biden bisa kembali melibatkan Amerika.

Pada bulan Januari, Garda Revolusi melakukan latihan dan meluncurkan rudal balistik antikapal perang ke sebuah sasaran simulasi di Samudra Hindia.

Seminggu sebelumnya, media pemerintah melaporkan, angkatan laut Iran menembakkan sejumlah rudal jelajah sebagai bagian dari latihan angkatan lautnya di Teluk Oman. Latihan itu dikabarkan berada dalam pengawasan sebuah kapal selam nuklir AS.

Sebelumnya, Iran juga menggelar parade kapal cepat di Teluk Persia dan latihan drone besar-besaran di berbagai penjuru negara itu.

Trump pada 2018 secara sepihak menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran. Berdasarkan kesepakatan itu, Teheran telah setuju untuk membatasi pengayaan uraniumnya dengan imbalan pencabutan sanksi-sanksi ekonomi.

Ketika AS kemudian meningkatkan sanksi-sanksi itu, Iran secara bertahap dan secara terbuka meninggalkan batasan-batasan pengembangan nuklirnya yang disetujuinya dalam kesepakatan itu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG