Tautan-tautan Akses

AS

Survei Gallup: Warga AS Semakin Tak Suka dengan Pemerintah


Para aktivis imigrasi dan penerima program DACA melakukan aksi unjuk rasa untuk memrotes kebijakan imigrasi Presiden AS Donald Trump.

Warga Amerika semakin tidak suka dengan kinerja pemerintah federal, demikian hasil survei terbaru.

Gallup mengatakan hanya sekitar 34% warga Amerika yang mengatakan mereka “sangat puas” atau “agak puas” dengan ukuran dan kekuatan pemerintah.

Mungkin lebih banyak yang mengatakan angka-angka itu, yang oleh Gallup disebut sebagai “secara historis rendah” sedikit berubah dari tahun 2011 hingga 2017. Gallup mencatat kepuasan publik pada pemerintah antara tahun 2001 hingga 2008 jauh lebih tinggi.

Misalnya pada Januari 2001, setelah Mahkamah Agung memastikan George Walker Bush sebagai presiden pasca pemilu yang dalam sejarah Amerika berlangsung sangat sengit, 68% warga Amerika mengatakan mereka puas dengan sistem pemerintah mereka. Lima puluh persen mengatakan puas dengan ukuran dan kekuatan pemerintah.

Pasca serangan teroris 11 September 2001, tingkat kepuasan atas sistem pemerintahan – demikian pula ukuran dan cakupan – memuncak menjadi 76% dan 60% secara berturut-turut. Angka-angka itu mulai turun pada tahun 2003, ujar Gallup.

Pada akhir pemerintahan Bush tahun 2009, 53% warga Amerika mengatakan mereka puas dengan sistem pemerintahan, dan 41% mengatakan puas dengan ukuran dan kekuatan pemerintah.

Gallup tidak mengukur kepuasan lagi hingga tahun 2011 ketika mendapati bahwa kedua angka itu menurun hingga dua digit. Sejak saat itu tingkat kepuasan atas ukuran dan kekuatan pemerintah tidak pernah mencapai diatas 40%.

Pandangan tentang pemerintah anjlok di antara Demokrat dan Republikan.

Diantara pendukung Partai Demokrat, hanya 29% yang mengatakan mendukung sistem politik saat ini. Tingkat kepuasan terhadap ukuran dan kekuatan pemerintah anjlok 24% dalam satu tahun, ujar Gallup.

Pendukung Partai Republik lebih puas dengan sistem pemerintahan ini, dimana 51% mengatakan mereka puas. Hal ini naik 38% pada beberapa hari terakhir pemerintahan Barack Obama. Tingkat kepuasan terhadap ukuran pemerintah diantara pendukung Partai Republik naik menjadi 34% taun ini, atau naik dari 21% pada tahun 2017 dan 16% pada tahun 2016.

Menurut Gallup, warga Amerika tidak mungkin mengubah pandangan mereka tentang pemerintah dalam waktu dekat. “Di luar polarisasi, ada alasan-alasan untuk percaya bahwa sebagian besar warga akan terus merasa tidak puas dengan ukuran dan kekuatan pemerintah federal, dan sistem pemerintahan Amerika pada masa depan.” [em/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG