Tautan-tautan Akses

G20 Berkomitmen Distribusikan Vaksin Virus Corona Secara Adil


Seorang pria menerima uji coba vaksin COVID-19 di Pusat Penelitian Amerika, di Hollywood, Florida, 13 Agustus 2020. (Foto: AFP)

Para pemimpin negara-negara yang tergabung dalam G20, Minggu (22/11), mengatakan mereka akan "mengupayakan semaksimal mungkin " untuk memastikan distribusi vaksin virus corona secara adil di seluruh dunia. Para pemimpin juga berkomitmen membantu negara-negara miskin yang ekonominya hancur akibat krisis ini.

Sementara pandemi berkecamuk, kelompok negara-negara terkaya di dunia itu bersatu menghadapi tantangan pada masa depan dalam pertemuan puncak virtual yang diselenggarakan dengan tuan rumah Arab Saudi.

Namun, setelah "diplomasi digital" selama akhir pekan, pernyataan bersama pada penutupan G20 itu tidak merinci banyak masalah yang mendominasi pertemuan tersebut.

"Kita telah memobilisasi sumber daya untuk mengatasi kebutuhan pembiayaan langsung dalam kesehatan global untuk mendukung penelitian, pengembangan, pembuatan dan distribusi diagnostik, terapi, dan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif," kata G20 dalam pernyataan itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Kita akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk memastikan akses yang terjangkau dan adil bagi semua orang" demikian pernyataan G20.

Sementara negara-negara kaya merencanakan program vaksinasinya dan AS diperkirakan meluncurkan vaksinasi pada Desember, para ahli memperingatkan negara-negara berkembang menghadapi tantangan yang bisa menghalangi miliaran orang mendapat vaksin pertama yang sudah terbukti untuk melawan virus itu. [my/lt]

XS
SM
MD
LG