Tautan-tautan Akses

Hasil Uji Coba Klinis Fase III Vaksin Sinovac Keluar Desember


Seorang pekerja sedang memproduksi Vaksin SARS CoV-2 untuk Covid-19 di pabrik vaksin SinoVac di Beijing. (Foto: AP)

Perusahaan China, Sinovac Biotech, diperkirakan akan mendapatkan laporan uji coba fase III vaksin Covid-19 paling lambat Desember. Seorang pejabat, Jumat (20/11), mengatakan vaksin yang dinamakan CoronaVac saat ini sedang dalam uji coba tahap akhir besar di Brazil, Indonesia dan Turki.

Reuters melaporkan, hasil awal dari uji coba tahap awal hingga menengah pada minggu ini menunjukkan vaksin tersebut memicu respons imun yang cepat. Namun, tingkat antibodi lebih rendah daripada yang terlihat pada orang yang telah pulih dari Covid-19.

"Fase III sekarang berjalan cukup baik," Weining Meng, Direktur senior Sinovac. “Saya rasa mungkin bulan depan kita akan memiliki datanya."

Sebelumnya Pfizer Inc, Moderna, serta dari Rusia, menyatakan vaksin eksperimental mereka terbukti lebih dari 90 persen efektif, berdasarkan data sementara dari uji coba tahap akhir.

Brazil dan Indonesia sedang mempertimbangkan CoronaVac untuk inokulasi dalam beberapa bulan mendatang.

Meng mengatakan kesepakatan manufaktur perusahaan dengan mitra lokal, termasuk PT Bio Farma Indonesia, akan membantu menurunkan biaya produksi dan mempercepat pengiriman setelah vaksinnya mendapat persetujuan peraturan. [ah]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG