Tautan-tautan Akses

Vaksin Virus Corona Buatan Rusia Tiba di Budapest


Ampul berisi vaksin Covid-19 eksperimental buatan Rusia, Sputnik V, di Moscow, Rusia, 15 September 2020.
Ampul berisi vaksin Covid-19 eksperimental buatan Rusia, Sputnik V, di Moscow, Rusia, 15 September 2020.

Dosis pertama vaksin virus corona buatan Rusia tiba di Budapest pada Kamis (19/11). Kedatangan vaksin itu menjadikan Hongaria sebagai negara pertama di Eropa yang menerima sampel vaksin itu.

Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto mengatakan pada tahap awal ini negaranya telah memesah sepuluh dosis Sputnik 5, vaksin yang dipuji Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai vaksin Covid-19 pertama yang terdaftar di dunia pada Agustus lalu.

Vaksin ini belum menjalani uji klinis tahap akhir dan belum dikaji oleh Dewan Obat-Obatan Eropa (European Medicines Agency/EMA), badan pengawas obat-obatan di Uni Eropa.

Kepala Kantor Perdana Menteri Hongaria Gergely Gulyas mengatakan Hongaria menginginkan adanya vaksin sesegera mungkin, dan sedang berunding dengan siapa pun yang dapat memasok kebutuhan itu.

Pemerintah Hongaria telah melakukan perundingan dengan perusahaan vaksin dari beragam negara, termasuk perusahaan farmasi Inggris-Swedia, AstraZeneca.

Hongaria memasuki minggu kedua penerapan lockdown atau penutupan sebagian wilayah dan penghentian seluruh kegiatan seiring melonjaknya jumlah orang yang dirawat di rumah sakit dan meninggal karena kasus virus corona baru. [em/pp]

XS
SM
MD
LG