Tautan-tautan Akses

Foto Satelit Tunjukkan Kapal Tanker Iran yang Diburu AS Masih Dekat Suriah


Kapal tanker minyak Iran, Adrian Darya 1 di perairan Tartus, Suriah, 6 September 2019 (Gambar satelit Maxar Technologies/Handout via REUTERS)

Foto-foto baru satelit menunjukkan, kapal tanker minyak Iran yang diburu AS masih berada di lepas pantai Suriah.

Gambar-gambar dari Planet Labs yang diperoleh kantor berita Associated Press menunjukkan, Adrian Darya-1 masih berada dekat kota pelabuhan Tartus.

Gambar-gambar yang diambil hari Minggu itu menunjukkan sebuah kapal yang berukuran lebih kecil tampak berada di dekatnya.

Adrian Darya 1, yang sebelumnya dikenal sebagai Grace 1, sedang mengangkut 2,1 juta barel minyak mentah Iran senilai 130 juta dolar.

Gibraltar sebelumnya menyita dan menahan kapal tanker itu selama berpekan-pekan atas tudingan melanggar sanksi-sanksi Uni Eropa yang diberlakukan terhadap Suriah. Teritori Inggris itu kemudian melepasnya setelah pihak berwenang di sana mengatakan, Iran berjanji bahwa minyak itu tidak akan dikirimkan ke Suriah.

Namun sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi, mengatakan kepada sejumlah media, kapal itu telah mengeluarkan muatannya, tanpa merinci lebih jauh. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG