Tautan-tautan Akses

FIFA Bahas 2 Kompetisi Sepak Bola Baru


People react during an earthquake in Mexico City, Mexico.
People react during an earthquake in Mexico City, Mexico.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Senin (30/4), mulai membahas dua usulan kompetisi baru, Reuters melaporkan.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengajukan rencana ambisius versi baru Piala Dunia Klub dan kompetisi Liga Nasional tingkat dunia yang baru.

Rencana ini dibahas bersama perwakilan dari konfedarasi sepak bola di enam benua dalam rapat yang berlangsung di markas FIFA, Senin.

Para pejabat FIFA tidak berkomentar mengenai jadwal pelaksanaan. Namun Sekretaris Jenderal CONCAFAF, Philippe Moggio, mengatakan “ada kesan untuk mempercepat pelaksanaan.” CONCACAF menyelenggarakan kompetisi sepak bola di Amerika Utara, Tengah dan Karibia.

Menurut rencana FIFA, jumlah tim yang berlaga di Piala Dunia Klub akan ditambah menjadi 24 tim, dari sebelumnya 12 tim. Waktu penyelenggaraan turnamen juga diubah menjadi setiap empat tahun, dari penyelenggaraan saat ini yang satu tahun sekali.

Liga Nasional akan menjadi versi global dari kompetisi baru yang diperkenalkan oleh UEFA di Eropa dan CONCACAF di Amerika Utara, Tengah dan Karibia.

Kedua kompetisi tersebut akan melibatkan semua tim nasional di masing-masing benua yang akan dibagi ke dalam beberapa divisi berdasarkan peringkat masing-masing. [ft/au]

XS
SM
MD
LG