Tautan-tautan Akses

AS

Fauci: AS Masih dalam 'Fase Eskalasi' Wabah Virus Corona


Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS, Anthony Fauci, berbicara dalam konferensi pers di Gedung Putih, Sabtu, 14 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Pakar penyakit pemerintah Amerika Serikat (AS), Dr. Anthony Fauci, Kamis (19/3), mengatakan Amerika masih dalam "fase eskalasi" wabah virus corona.

Dilaporkan kantor berita Associated Press, Fauci berbicara selama wawancara langsung dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

"Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membalikkan lonjakan akan sangat tergantung pada seberapa sukses kita melakukan pengendalian dan mitigasi," kata Fauci.

Di AS, di mana kematian mencapai setidaknya 178, dan infeksi meningkat melampaui 11.000, pejabat militer mengumumkan rencana untuk mengerahkan dua kapal rumah sakit. Kapal itu mungkin dikerahkan ke Seattle dan Kota New York. Negara bagian Washington memiliki angka kematian tertinggi, yaitu 74.

Presiden Donald Trump awal pekan ini mengatakan akan mengirim kapal rumah sakit Angkatan Laut ke Pantai Barat serta satu ke Kota New York, yang dengan cepat menjadi pusat wabah di AS, dengan lebih dari 4.000 kasus.

Bagi kebanyakan orang, virus corona hanya menyebabkan gejala ringan atau sedang, seperti demam dan batuk. Namun, bagi sebagian orang, terutama orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang yang memiliki masalah kesehatan sebelumnya bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah, termasuk pneumonia.[my/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG