Tautan-tautan Akses

Pakar Penyakit AS Dukung Lockdown


Antrean mobil tampak di Stadion Denver Coliseum yang didatangi warga untuk menjalani tes virus (COVID-19) di stasiun pengujian lantatur di Denver, Colorado, 14 Maret 2020.

Pakar penyakit menular AS mengatakan dia mendukung larangan keluar-masuk (lockdown) secara nasional untuk mencegah penyebaran virus corona lebih luas. Beberapa negara yang terkena dampak buruh sudah menerapkan langkah drastis tersebut.

Kepala Institut Nasional urusan Penyakit Alergi dan Menular, Dr. Anthony Fauci, mengatakan kepada CNN, Minggu (15/3), dia ingin melihat "berkurangnya interaksi personal secara dramatis" di tempat-tempat seperti restoran dan bar, menganjurkan orang-orang untuk tidak keluar rumah.

"Kita harus serius sekali, untuk sementara. Kehidupan tidak akan sama seperti sebelumnya di AS. Kita harus menerima kenyataan itu apabila kita ingin melakukan yang terbaik bagi publik Amerika," kata Fauci.

Fauci kemudian mengatakan di Gedung Putih bahwa "yang terburuk masih akan datang," meskipun Presiden AS Donald Trump beberapa saat sebelumnya mengatakan bahwa pemerintahannya telah "mengendalikan sepenuhnya" virus itu.

Banyak negara bagian AS menutup sekolah-sekolah, melarang pertemuan besar, dan menutup bioskop. Liga olahraga kampus dan liga utama juga dihentikan. Dan taman hiburan termasuk Disneyland dan Disney World, menutup arenanya. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG