Tautan-tautan Akses

Erdogan, Trump Bahas Bank Turki, Patroli Gabungan di Suriah


President AS Donald Trump menyalami Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuan di Palace Hotel di sela Sidang Tahunan Majelis Umum PBB di New York, 21 September 2017.

Presiden Turki mengatakan Presiden AS telah berjanji untuk mempertimbangkan kemungkinan AS melakukan upaya terhadap sebuah bank Turki yang menghindari sanksi-sanksi terhadap Iran, kantor berita Associated Press melaporkan.

Berbicara Sabtu (3/11), Recep Tayyip Erdogan merincikan tentang percakapan teleponnya dengan Donald Trump pada Kamis (1/11) di tengah meredanya ketegangan antara kedua negara setelah Turki membebaskan seorang pastur AS.

Erdogan mengatakan dia mengangkat isu mengenai BUMN, Halkbank, yang seorang eksekutifnya didakwa di New York karena terlibat dalam sebuah upaya untuk menghindarkan Iran dari penerapan sanksi-sanksi AS. Turki berkeras Halkbank tidak melanggar aturan sanksi-sanksi itu.

Menurut Erdogan, Trump "mengatakan dia akan segera menginstruksikan para menterinya mengenai hal ini." Belum jelas apa yang akan Trump lakukan.

Mereka juga membahas soal patroli militer gabungan di Manbij di Suriah utara.

Erdogan mengatakan dia akan bertemu dengan Trump di Perancis akhir pekan depan. [vm]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG