Tautan-tautan Akses

AS

Enam Kandidat Capres Demokrat Siap Berdebat di Nevada


Panggung Debat Capres Partai Demokrat AS di Nevada, Las Vegas, 18 Februari 2020.

Enam kandidat calon presiden Partai Demokrat berkumpul di Nevada, Rabu (19/2), untuk mengikuti debat ke-9 dalam usaha mereka meraih nominasi partai untuk menantang Presiden Donald Trump pada pemilu November.

Senator Vermont Bernie Sanders dan mantan walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg akan mengikuti debat itu, setelah membukukan prestasi yang meyakinkan di Iowa dan New Hampshire, dua negara bagian yang pertama kali menentukan pilihan mereka bagi calon presiden.

Senator Minnesota Amy Klobuchar diperkirakan akan memanfaatkan momentum yang diraihnya di New Hampshire, di mana ia menempati posisi ketiga dalam perolehan suara, dalam debat Rabu malam itu dan pada kaukus yang akan dilangsungkan di Nevada, pada Sabtu.

Di antara para kandidat, yang debat dan pemungutan suara di Nevada menjadi peluang bagi mereka untuk membuat terobosan dan merebut kembali dukungan yang membuat mereka unggul dalam jajak-jajak pendapat pendahuluan adalah mantan wakil presiden Joe Biden dan Senator Massachusetts Elizabeth Warren.

Yang juga akan muncul dalam debat adalah mantan walikota New York Michael Bloomberg. Ini merupakann debat pertama Bloomberg sebagai kandidat calon presiden. Namanya sendiri tidak tercantum dalam surat suara pemilihan di Nevada, namun tingkat dukugan terhadap dirinya meningkat dalam jajak-jajak pendapat nasional dalam beberapa pekan terakhir setelah menghabiskan ratusan juta dolar uang dari kantungnya sendiri untuk berkampanye.

Christian Lundberg, guru besar di University of North Carolina, mengatakan kepada VOA, ia memperkirakan Sanders akan berusaha memposisikan dirinya sebagai pemimpin dalam debat itu, sementara Biden dan Warren akan berusaha memperbaiki kegagalan yang dihadapi mereka sebelumnya .

Sementara mengenai Bloomberg, Lundberg memperkirakan mantan walikota New York itu akan berusaha menggambarkan dirinya sebagai kandidat yang paling mungkin terpilih dan pilihan terbaik dalam menghadapi Trump. Jajak-jajak pendapat publik di Nevada menunjukkan, Sanders secara meyakinkan unggul. Namun hasil jajak-jajak pendapat pendahuluan di negara-negara bagian lain menunjukkan berbagai variasi tingkat dukungan bagi Warren, Biden, Klobuchar dan Buttigieg.

Jajak pendapat yang dilakukanLas Vegas Review Journal, dan dirilis pekan lalu, menunjukkan, Sanders memperoleh 25 persen dukungan, diikuti Biden dengan 18 persen, Warren dengan 14 persen, milyader Tom Steyer dengan 11 persen, dan Buttigieg dan Klobuchar yang sama-sama meraih 10 persen. Steyer sendiri gagal masuk kualifilaksi debat kali ini, setelah sempat berpartisipasi dalam lima debat sebelumnya. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG