Tautan-tautan Akses

Enam Bulan Jelang Pilpres, Siapa Bakal Cawapres Trump?


Foto kombinasi: Presiden Joe Biden berbicara di Milwaukee, 13 Maret 2024 (kiri) dan mantan Presiden Donald Trump berbicara di New York, 11 Januari 2024. (AP)
Foto kombinasi: Presiden Joe Biden berbicara di Milwaukee, 13 Maret 2024 (kiri) dan mantan Presiden Donald Trump berbicara di New York, 11 Januari 2024. (AP)

Enam bulan lagi, Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat dan kandidat capres Partai Republik Donald Trump akan kembali bertarung. Wartawan VOA Scott Stearns mengamati apa yang akan terjadi menjelang hari besar itu.

Presiden Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump hanya memiliki waktu enam bulan untuk membujuk warga Amerika memberi mereka kesempatan masa jabatan kedua.

Trump akan menghabiskan sebagian waktu menjelang pemungutan suara November nanti di pengadilan negara bagian atau federal untuk menjawab empat dakwaan terpisah atas tuduhan yang mencakup penyimpanan informasi pertahanan nasional yang melanggar hukum, dan pemalsuan catatan bisnis. Dia mengatakan jaksa penuntut umum telah mencampuri pemilu.

“Semuanya legal. Mereka melakukan hal ini karena politik. Mereka ingin agar Biden terpilih kembali. Itu satu-satunya alasan,” jelasnya.

Keharusannya menghadiri sidang pengadilan, mengurangi waktu untuk berkampanye. Tetapi Trump mengatakan “political hoax” ini hanya menjadikannya tambah terkenal di kalangan pemilih.

“Hal yang menyedihkan terjadi di negara kita. Semoga saja pada tanggal 5 November nanti, yang menurut saya merupakan hari paling penting dalam sejarah negara kita… semoga saja akan ada perubahan karena orang-orang Demokrat ini menghancurkan negara kita,” imbuh Trump.

Partai Republik terakhir kali menominasikan Trump sebagai calon presiden mereka dalam konvensi semi-virtual tahun 2020 di North Carolina. Perhelatan serupa tahun ini akan diselenggarakan di negara bagian Wisconsin. Namun sebelum acara itu, Trump sudah harus memilih tokoh yang akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Di antara beberapa tokoh yang diyakini sedang dipertimbangkannya adalah Senator Marco Rubio dari negara bagian Florida, Senator JD Vance dari negara bagian Ohio, Senator Tim Scott dari negara bagian South Carolina dan anggota DPR dari New York Elise Stefanik.

Sementara sebagai petahana, Biden memiliki keuntungan untuk senantiasa menarik perhatian pemilih karena acara-acara di Gedung Putih.

Saat berkampanye, Biden meningkatkan serangannya terhadap Trump sambil mengklaim kondisi ekonomi yang lebih kuat saat ini.

"Pembangunan pabrik-pabrik baru telah meningkat lebih dari dua kali lipat di masa pemerintahan kami. Sementara Donald Trump masih menganggap kincir angin menyebabkan kanker. Itulah yang dia katakan. Ngomong-ngomong, ingatkah Anda ketika dia mencoba menangani COVID-19? Dia mengatakan hanya menyuntikkan sedikit pemutih ke dalam pembuluh darah, bisa sembuh! Sayang suntikannya meleset, semuanya merembet ke rambutnya…,” jelas Biden.

Enam Bulan Jelang Pilpres, Siapa Bakal Cawapres Trump?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:56 0:00

Partai Demokrat terakhir kali mencalonkan Biden sebagai presiden pada konvensi semi-virtual tahun 2020 di Wisconsin. Konvensi tahun ini akan dilangsungkan pada bulan Agustus di negara bagian Illinois.

Biden akan kembali mencalonkan diri bersama Wakil Presiden Kamala Harris, yang telah berkampanye untuk menghidupkan kembali perlindungan aborsi federal yang berakhir ketika Mahkamah Agung AS membatalkan kasus Roe v. Wade pada tahun 2022.

"Donald Trump adalah presiden yang mencabut perlindungan Roe. Joe Biden akan menjadi presiden yang akan mengembalikan perlindungan Roe pada tempatnya," imbuh Biden.

Dengan keputusan Mahkamah Agung Amerika pada Juni 2022 ini berarti hak-hak aborsi di hampir setengah negara bagian segera dicabut, dan disusul dengan lebih banyak lagi pembatasan. Walhasil tindakan aborsi tidak akan tersedia di sebagian besar negara bagian di Amerika. Isu ini diperkirakan akan menjadi salah satu fokus utama dalam pemilu November nanti.

Sebelum hari pemungutan suara nanti, Biden dan Trump diproyeksikan akan mengikuti debat. Kedua capres mengatakan siap berhadapan kembali, meskipun hingga laporan ini disampaikan belum ada tanggal yang ditetapkan. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG