Tautan-tautan Akses

Ekspatriat Berikan Suara untuk Pemilihan Presiden Perancis


Kandidat dalam pilpres Perancis dari ekstrem kanan Partai Front Nasional, Marine Le Pen (kiri), kandidat presiden dari ekstrem kiri Partai Sosialis Perancis, Benoit Hamon (tengah), dan kandidat presiden dari sayap kanan Partai Les Republicains, Francois Fillon dalam debat di televisi nasiona Perancis, France 2 di Saint Cloud, di luar Perancis, hari Kamis, 20 April 2017 (foto: Martin Bureau/Pool Photo via AP)

Para pemilih Perancis yang berstatus ekspatriat di Amerika Selatan, Kanada, dan Amerika menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden Perancis di tengah terjadinya beberapa serangan teror yang bisa berdampak pada hasil pemilu.

Ekspatriat Perancis di Amerika Selatan, Kanada, dan Amerika memberikan suara mereka hari Sabtu dalam pemilihan presiden Perancis, setelah terjadi beberapa serangan teror yang bisa berdampak pada hasil pemilu.

Kandidat sayap kanan, Marine Le Pen dan mantan menteri ekonomi, kandidat tengah independen Emmanuel Macron, unggul dalam pemungutan suara.

Dua pesaing lain adalah mantan perdana menteri yang konservatif Francois Fillon dan kandidat sayap kiri Jean-Luc Melenchon.

Para kandidat akan menggantikan petahana Francois Hollande, yang awal tahun ini mengumumkan tidak akan mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan mendatang.

Kampanye berakhir lebih awal dari yang diperkirakan hari Kamis ketika seorang polisi Perancis dibunuh laki-laki bersenjata di Champs-Elysee, salah satu jalan paling populer di Paris untuk belanja dan wisata. Analis sudah lama mengatakan peristiwa pada menit-menit terakhir bisa menentukan hasil pemilu. [ka]

XS
SM
MD
LG