Tautan-tautan Akses

Presiden Perancis: Tugas Terakhir Saya Cegah Sayap Kanan Menang


Presiden Perancis Francois Hollande berpidato dalam upacara yang menandai ulang tahun ke-25 Disneyland Paris Resort di Chessy, dekat Paris (25/2). (Reuters/Christophe Petit Tesson)

Presiden Perancis Francois Hollande yang akan segera berakhir masa jabatannya, mengatakan dalam wawancara bersama surat kabar Eropa yang terbit Senin (6/3), "tugas terakhirnya" adalah untuk mencegah kemenangan pemimpin Front Nasional yang ultrakanan, Marine Le Pen, dalam pemilihan umum tahun ini.

"Tugas terakhir saya adalah untuk memastikan Perancis tidak memenangkan program semacam itu, dan Perancis tidak menanggung tanggung jawab berat," ujar Hollande mengenai risiko kemenangan Le Pen dalam pemilu.

Ia menambahkan tidak dapat dihindari bahwa negara-negara Uni Eropa akan maju dalam "kecepatan berbeda" dan bhwa ia melihat tidak ada alasan mempertanyakan peran Donald Tusk sebagai presiden Dewan Eropa.

Ia juga mengatakan bahwa "euforia" pasar-pasar keuangan setelah pemilihan Donald Trump sebagai presiden AS sepertinya "sangat prematur."

Wawancara tersebut diterbitkan oleh Le Monde, La Stampa, The Guardian, La Vanguardia, Suddeutsche Zeitung dan Gazeta Wyborcza. [hd]

XS
SM
MD
LG