Tautan-tautan Akses

Ekonomi Taiwan Terangkat oleh Peningkatan Produksi iPhone


Para pengunjung mencoba iPhone X baru saat Apple menggelar presentasi untuk media di Beijing, China, 31 Oktober 2017. (Foto: dok).

Peningkatan pesat produksi telepon pintar Apple iPhone membantu mengangkat ekonomi Taiwan, pusat industri yang masih mengandalkan kontrak pembuatan barang teknologi tinggi walaupun persaingan meningkat dari luar negeri.

Penjualan telepon Apple dalam kuartal ketiga tahun ini bertumbuh 5,7 persen dibanding periode yang sama tahun 2016, di atas peningkatan tiga persen umumnya telepon tangan, menjadi 383 juta unit, kata perusahaan penelitian pasar Gartner.

Pesanan akan iPhone yang lebih tua serta iPhone X, yang dipandang akan meningkat tahun depan, telah memperkuat pesanan atau permintaan akan suku cadang yang dipasok oleh perusahaan-perusahaan teknologi di Taiwan, kata para analis.

Para pakar teknologi mengatakan ikon Silicon Valley itu sedang mempertimbangkan tahun ini perusahaan-perusahaan Taiwan untuk produksi chip, modul kamera, layar dan perakitan terakhir.

Foxxon Technology milik Taiwan sering merakit Apple di pabrik-pabrik yang luas di China, misalnya. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., pembuat chip terbesar di dunia, sedang membangun prosesor A11 untuk iPhone 8, kata laporan media setempat. [gp]

XS
SM
MD
LG