Tautan-tautan Akses

Ekonomi Jerman Tumbuh 8,2 Persen pada Kuartal III Tahun 2020


Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz (kanan), dan Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier dalam konferensi pers di Berlin, Jerman, 29 Oktober 2020.

Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier, menyatakan optimismenya hari Jumat (30/10) sewaktu data bagi kuartal ketiga tahun 2020 menunjukkan ekonomi Jerman melambung kembali dengan kuat dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, sewaktu negara itu terpukul oleh gelombang pertama pandemi virus corona.

Pada konferensi pers di Berlin, Altmaier mengatakan angka-angka dari Kantor Statistik Federal mengindikasikan produk domestik bruto (PDB) Jerman tumbuh 8,2 persen dari Juli hingga September, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Ia mengatakan angka tersebut “jauh di atas” perkiraan, dan bahwa pemerintah kini memperkirakan penurunan 5,5 persen PDB dalam tahun ini, turun dari perkiraan sebelumnya 5,8 persen yang dikemukakan pada September lalu.

Altmaier mengatakan angka yang baik pada kuartal ketiga menunjukkan ekonomi Jerman dapat terus berkembang semasa pandemi. Menurutnya, hal itu memberi harapan bagi pemerintah selagi menghadapi gelombang kedua wabah dan menjelang musim dingin yang bisa jadi sulit.

Jerman dijadwalkan memberlakukan seperangkat restriksi baru Senin mendatang, dengan menutup bar, restoran dan sektor “rekreasi” lainnya untuk memperlambat laju penularan virus corona sekarang ini.

Altmaier mengatakan kepada para wartawan, meskipun ia optimistis, pemulihan “akan tergantung pada perkembangan pandemi lebih lanjut.” Tetapi, lanjutnya, “ada peluang nyata untuk mencapai pertumbuhan ini.”

Ia memperkirakan ekonomi pulih sepenuhnya dari dampak pandemi pada tahun 2022. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG