Tautan-tautan Akses

Perekonomian AS Diharapkan Tambah 11,5 Juta Lapangan Kerja Tahun 2026


Para pencari kerja mengisi formulir aplikasi pada acara bursa kerja di Los Angeles, California (foto: ilustrasi).

Perekonomian Amerika diharapkan menambah 11,5 juta pekerjaan lagi pada tahun 2026, karena populasi yang menua dan rentang umur yang lebih panjang meningkatkan kebutuhan akan penyedia layanan kesehatan. Jumlah angkatan kerja AS diperkirakan akan tumbuh menjadi 167,6 juta orang.

Perkiraan hari Selasa (24/10) itu berasal dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS atau BLS yang menyatakan, pertumbuhan lapangan kerja akan sedikit meningkat dari laju sekarang ini, namun tidak akan seperti pertumbuhan cepat seperti yang kita saksikan pada beberapa dasawarsa sebelumnya. BLS memperbarui prospek lapangan pekerjaan setiap dua tahun ketika ada informasi baru.

Persentase angkatan kerja di atas usia 55 tahun akan meningkat hampir mencapai 25 persen pada tahun 2026, meningkat tajam dari 17 persen pada tahun 2006. Orang-orang yang berusia 50 dan 60an mungkin akan pensiun, yang merupakan salah satu alasan mengapa para ahli memperkirakan tingkat partisipasi tenaga kerja mengalami penurunan.

Selama dasawarsa ini, sembilan dari 10 pekerjaan baru berada di sektor jasa, terutama perawatan kesehatan. Pekerjaan di perusahaan yang memproduksi barang diperkirakan tumbuh pada sepersepuluh persen per tahun, dan hanya mencapai 219.000 pekerjaan pada tahun 2026.

Tenaga kerja diharapkan lebih beragam karena penduduk AS keturunan Asia dan Hispanik tumbuh lebih cepat daripada rata-rata. Siapa pun yang bekerja akan memerlukan pelatihan tambahan, karena dua dari tiga pekerjaan di sektor yang pertumbuhannya paling cepat, membutuhkan pendidikan dan pelatihan pasca-sekolah menengah.

Dan keseluruhan ekonomi diperkirakan tumbuh dua persen per tahun. Itu lebih cepat dari tingkat pertumbuhan saat ini, namun di bawah pertumbuhan yang kita saksikan pada dasawarsa sebelumnya. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG