Tautan-tautan Akses

Duta Besar AS Bertemu WN AS yang Ditahan di Rusia


ARSIP – Dubes AS untuk Rusia, John Huntsman, tampak menyimak konferensi media yang diselenggarakan oleh Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton, di Moskow, Rusia, 27 Juni 2018 (foto: Reuters/Sergei Karpukhin)

Duta Besar Amerika untuk Rusia Jon Huntsman hari Rabu mengunjungi purnawirawan Angkatan Laut Amerika yang ditahan atas tuduhan spionase di Rusia.

Ia juga berbicara melalui telepon dengan keluarga Paul Whelan, menurut pernyataan Departemen Luar Negeri yang tidak merilis rincian percakapan telepon tersebut "karena pertimbangan privasi Whelan dan keluarganya."

Pernyataan itu menyebutkan, "Duta Besar Huntsman menyatakan dukungannya bagi Whelan dan menawarkan bantuan kedutaan.''

Akses diberikan hanya beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan ia mengharapkan penjelasan tentang mengapa warga Amerika itu ditangkap dan menuntut pembebasannya jika penahanannya tidak tepat.

Hari Senin, pejabat-pejabat Badan Keamanan Federal Rusia mengatakan, orang Amerika, yang diidentifikasi sebagai Whelan, usia 48 tahun, ditahan pada 28 Desember "ketika melakukan aksi spionase," dan penyelidikan kejahatan telah dikeluarkan.

Mereka tidak merinci lebih jauh, tetapi kantor berita resmi Rusia TASS mengatakan Whelan menghadapi ancaman hukuman sampai 20 tahun penjara jika terbukti bersalah. [ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG