Tautan-tautan Akses

Jean-Pierre Thomas, Ketua Baru Rusal


ARSIP – Logo raksasa produsen aluminum, United Company RUSAL, tampak di kantor pusatnya di Moskow, 9 April 2018 (foto: AFP Photo/Vasily Maximov)

Perusahaan aluminium Rusia Rusal hari Jumat mengatakan, dewan direksi memilih Jean-Pierre Thomas sebagai ketua baru sebagai bagian dari restrukturisasi yang disepakati sebagai imbalan atas pencabutan sanksi Amerika.

Ketua sebelumnya, Matthias Warnig, mengundurkan diri awal pekan ini setelah enam tahun di produsen aluminium terbesar di dunia, di luar China. Pengunduran dirinya adalah syarat dari kesepakatan itu.

Jean-Pierre Thomas, direktur independen non-eksekutif, ditunjuk sebagai ketua, berlaku mulai 1 Januari, kata Rusal dalam pengajuan ke bursa Hong Kong.

Departemen Keuangan Amerika pekan lalu mengatakan akan menghapus sanksi terhadap Rusal, perusahaan induknya En + dan perusahaan listrik EuroSibEnergo jika mereka direstrukturisasi untuk mengurangi saham mayoritas pengusaha Oleg Deripaska, yang masuk dalam daftar sanksi Amerika.

Kesepakatan itu tunduk pada peninjauan 30 hari di Kongres Amerika. Setelah restrukturisasi selesai, En+ akan tetap berhak mencalonkan kepala eksekutif produsen itu, ujar Departemen Keuangan Amerika sebelumnya. [ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG