Tautan-tautan Akses

Dubes Rusia untuk PBB Serukan Penyelesaian Konflik Suriah pada 2017


ARSIP - Dubes Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, kembali ke kursinya setelah mengeluarkan pernyataan terkait penunjukkan Sekjen PBB yang baru, Antonio Guterres dari Portugal di markas besar PBB (13/10/2016). New York, New York. (foto: AP Photo/Seth Wenig)

Masyarakat internasional harus memastikan tercapainya penyelesaian politik terhadap konflik di Suriah pada tahun 2017 demikian sebagaimana diserukan oleh Dubes Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin.

Duta Besar Rusia Untuk PBB Vitaly Churkin menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memastikan tercapainya penyelesaian politik terhadap konflik di Suriah pada tahun 2017.

Churkin hari Sabtu (31/12) mengatakan Rusia yakin jika negara-negara di dunia sepakat mencapai tujuan ini dan "kepentingan rakyat Suriah serta stabilitas di kawasan secara keseluruhan," maka akan dicapai solusi politik yang tepat.

Churkin menyampaikan hal ini di hadapan Dewan Keamanan PBB yang sebelumnya dengan suara bulat mengadopsi resolusi untuk mendukung upaya Rusia dan Turki mengakhiri pertempuran di Suriah. Ini dinilai “sangat penting” untuk memulai kembali perundingan perdamaian.

Resolusi ini merupakan awal yang menjanjikan menjelang pertemuan antara wakil-wakil pemerintah Suriah dan kelopompok oposisi di Astana, Kazakhstan pada akhir Januari nanti, di mana Churkin mengatakan “merupakan kesempatan pertama bagi kedua delegasi untuk bertatap muka.”

Teks final resolusi itu diubah untuk menanggapi tuntutan negara-negara Barat yang menyebut pertemuan di Astana sebagai “langkah penting menjelang dimulainya perundingan di bawah pengawasan PBB, di Jenewa tanggal 8 Februari 2017.” [em]

XS
SM
MD
LG