Tautan-tautan Akses

Dubes Rusia untuk AS, Tokoh yang Tak Biasa Jadi Pusat Kontroversi


Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat, Sergey Kislyak (foto: dok).

Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat, Sergey Kislyak, adalah seorang diplomat veteran yang tidak menonjolkan diri dan menurut rekan-rekannya merupakan salah seorang diplomat yang paling tidak mungkin menjadi pusat kontroversi.

Kislyak, yang percakapannya dengan rekan dekat Donald Trump telah berulang kali mempermalukan pemerintahan baru di Amerika, berusia 66 tahun, memiliki istri dan satu anak perempuan yang sudah dewasa.

Dia telah bekerja di Kementrian Luar Negeri Soviet dan Rusia sejak tahun 1977. Posisi yang pernah diembannya termasuk dalam misi Soviet untuk PBB; Perwakilan Tetap Rusia untuk NATO; Duta Besar Rusia untuk Belgia; dan Wakil Menteri Luar Negeri.

Dia telah menjabat sebagai Duta Besar Rusia untuk AS sejak 2008 dan sering terlihat berjalan santai di seputar Washington.

Pengamat menggambarkannya sebagai orang yang ramah dan dia suka membuka kedutaan Rusia untuk acara makan malam dan jamuan teh untuk para wartawan dan pejabat Washington.

Kislyak pernah mengeluh bahwa walaupun Rusia dan AS "mampu mengakhiri Perang Dingin," namun "kami tidak mampu membangun perdamaian pasca Perang Dingin." [as]

XS
SM
MD
LG