Tautan-tautan Akses

Ditugasi Presiden di Jawa Timur, TNI Siapkan Tenaga Medis Tangani Pasien Corona


Gubernur Jawa Timur berbincang dengan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II, dan Kabaharkam Polri untuk percepatan penangggulangan corona di Jawa Timur. (Foto: VOA/Petrus Riski)

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II mengunjungi Jawa Timur, setelah ditugasi oleh Presiden Joko Widodo melalui Panglima TNI, untuk membantu percepatan penanganan virus corona. Hal ini menyusul peningkatan kasus positif corona di Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II, Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, mengunjungi sejumlah kawasan di Surabaya dan Jawa Timur, untuk melihat kesiapan dan langkah yang dilakukan pemeritah daerah dalam mengatasi masalah perebakan virus corona. Imran memastikan akan menerjunkan tenaga medis dari TNI untuk membantu penanganan warga Jawa Timur yang terinfeksi virus corona. Tim medis TNI akan bekerja sama dengan tim medis Polri, untuk membantu penanganan pasien yang selama ini telah dilakukan.

Gubernur Jawa Timur bersama Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II, Kabaharkam Polri, serta Pangdam dan Kapolda Jawa Timur, memberikan keterangan pers di Grahadi. (Foto: VOA/Petrus Riski)
Gubernur Jawa Timur bersama Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II, Kabaharkam Polri, serta Pangdam dan Kapolda Jawa Timur, memberikan keterangan pers di Grahadi. (Foto: VOA/Petrus Riski)

“Jadi kami dari TNI juga sudah menyiapkan tim medis, tim medis itu nanti tinggal kami menunggu jumlah yang dibutuhkan. Nanti Kodam akan menginventarisir itu, jumlahnya berapa, komposisinya dokter apa saja, seperti misalnya tenaga medis dokter, misalnya dokter paru, dokter anastesi, penyakit dalam, itu nanti akan kita inventarisir dan nanti kita akan selalu berdampingan dengan Polri, nanti TNI bisa memenuhi berapa, Polri berapa,” ungkap Marsekal Muda TNI Imran Baidirus.

TNI bersama Polri, kata Imran, juga menyiapkan dapur umum dan kebutuhan logistik warga terdampak, serta menjalankan arahan Presiden untuk menekan angka perebakan corona.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto, menegaskan akan mendukung TNI dalam upaya mengatasi perebakan virus corona. Polri kata Agus, akan menjalankan perintah Presiden untuk mendisiplinan masyarakat sehingga terhindar dari penularan virus corona. Meski akan membantu pendisiplinan, TNI dan Polri tidak akan menambah personil dari pusat, melainkan lebih mengoptimalkan personil dari Jawa Timur dengan melibatkan masyarakat.

“Semuanya akan melaksanakan kegiatan sesuai dengan perintah Bapak Presiden untuk pendisiplinan masyarakat, dalam rangka untuk mencegah penyebaran COVID-19, supaya hidup normal yang baru, dengan protokol kesehatan, intinya adalah masyarakat tetap bisa produktif dan bebas COVID,” kata Komjen Pol. Agus Andrianto.

Ditugasi Presiden di Jawa Timur, TNI Siapkan Tenaga Medis Tangani Pasien Corona
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:11 0:00

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berharap bantuan TNI dan Polri sesuai arahan Presiden, dapat menekan dan menurunkan angka kasus corona di Jawa Timur. Penurunan angka ini kata Khofifah, yang akan menentukan berjalannya tahapan transisi hingga kehidupan normal baru yang diwacanakan pemerintah pusat.

“Kalau transisi yang tadi itu, ada enam item, kalau dari sisi kedua jelas pada tahap ini kami masih harus menyiapkan rumah sakit lapangan, dan seterusnya. Kalau sudah new normal berarti sudah terjadi penurunan 50 persen pada dua minggu terakhir. Kita tentu akan memaksimalkan percepatan, bagaimana kita akan memasuki tatanan baru itu,” ujar Khofifah Indar Parawansa. [pr/em]

Recommended

XS
SM
MD
LG