Tautan-tautan Akses

AS

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Senator Al Franken akan Mundur


Senator Al Franken dari Partai Demokrat-negara bagian Minnesota, berusia 66 tahun.

Senator Al Franken (mewakili Partai Demokrat, negara bagian Minnesota) hari Kamis (7/12) mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri di tengah tuduhan bahwa dia melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa perempuan. Meski membantah tuduhan tersebut, Franken mengatakan bahwa dia akan meninggalkan kursi Senat dalam beberapa minggu mendatang.

Sebelumnya, dua puluh delapan senator Amerika, termasuk 13 legislator perempuan, hari Rabu (6/12) menyerukan agar Senator Al Franken mengundurkan diri karena beberapa tuduhan bahwa ia telah melakukan pelecehan seksual tersebut selama bertahun-tahun.

Senator Kirsten Gillibrand dari New York adalah yang pertama mengatakan bahwa Franken yang berumur 66 tahun itu harus mundur. Franken adalah seorang komedian terkenal sebelum dua kali menang dalam pemilihan anggota Senat di negara bagian Minnesota.

Seruan Gillibrand dengan cepat diikuti para senator perempuan lain.

“Sebagai legislator, kita harus menjunjung standar paling tinggi, bukan paling rendah,” kata Gillibrand.

“Tuduhan terhadap Senator Franken menggambarkan perilaku yang tidak dapat ditoleransi. Meskipun ia berhak menjalani proses sidang dengar pendapat Komisi Etika, saya berpendapat ia harus mundur agar posisinya diisi orang lain,” tandasnya. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG