Tautan-tautan Akses

Direktur IMF Peringatkan Depresi Terburuk Sejak 1930-an


Tabung sampel virus corona dengan uang kertas dollar AS dalam foto ilustrasi, 1 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Kristalina Georgieva memperingatkan bahwa pandemi virus corona dapat menyebabkan depresi terburuk di dunia sejak tahun 1930-an.

Kamis (9/4), Georgieva mengatakan, pemerintah-pemerintah telah menggelontorkan $8 triliun ke dalam beragam program guna menjaga ekonomi stabil tetapi dibutuhkan lebih dari itu. Ia mengatakan negara-negara berkembang dan negara-negara dengan ekonomi sedang tumbuh akan menjadi yang paling terdampak. Pemulihan parsial mungkin tampak pada 2021.

Industri mobil dan penerbangan Amerika memperkirakan kerugian besar di tengah pembatasan perjalanan dan pergerakan. Bagi banyak orang Amerika, perjalanan udara berada pada titik terendah dalam 60 tahun. Dinas Keamanan Transportasi (Transportation Security Administration/TSA) memeriksa sekitar 95.000 penumpang pada Rabu (8/4), turun 96 persen dibandingkan pada tahun lalu. Menjelang libur Paskah, Minggu (12/4), banyak orang Amerika biasanya bepergian untuk mengisi hari itu bersama keluarga.

Airlines for America yang berbasis di Washington mengatakan Amerika mencatat terakhir kali jumlah penumpang penerbangan kurang dari 100.000 per hari pada 1954.[ka/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG