Tautan-tautan Akses

AS

Direktur CIA: Pengungkapan Rahasia Intelijen AS Meningkat


Direktur CIA, Mike Pompeo memberikan kesaksian terkait intelijen di hadapan Komite Intelijen Senat AS di Capitol Hill, Washington, 11 Mei 2017. (Foto: dok)

Direktur CIA Mike Pompeo mengatakan upaya mengungkap rahasia intelijen Amerika kini sedang meningkat, sebagian dipicu oleh “pemujaan” terhadap sosok seperti Edward Snowden.

“Dalam beberapa cara, saya kira hal itu mempercepat (pengungkapan rahasia),” ujar Pompeo dalam wawancara dengan MSNBC yang diudarakan hari Sabtu (24/6). “Saya kira ada fenomena pemujaan terhadap Edward Snowden dan mereka-mereka yang mencuri rahasia Amerika demi tujuan mempromosikan diri sendiri seakan-akan ia orang penting atau untuk tujuan memperoleh uang; apapun tujuan mereka, tampaknya upaya mengungkap rahasia ini sedang meningkat,” tambah Pompeo.

Pompeo menegaskan bahwa Amerika perlu melipatgandakan upaya untuk mencegah bocornya informasi rahasia.

“Ini sulit. Sekarang ini bukan hanya negara yang mencoba mencuri rahasia kita, tetapi juga aktor non-negara, badan-badan intelijen yang bermusuhan dengan kita, atau badan-badan yang memiliki anggaran sangat baik seperti WikiLeaks, yang berupaya mencuri rahasia Amerika semata-mata untuk merongrong negara dan demokrasi kita,” ujar Pompeo.

Selain Snowden yang membocorkan program pengintaian besar-besaran yang dilakukan pemerintah, WikiLeaks baru-baru ini merilis hampir 8.000 dokumen yang dikatakan merupakan rahasia tentang perangkat mata-mata dunia maya CIA lewat komputer. WikiLeaks sebelumnya mempublikasikan 250 ribu kawat Departemen Luar Negeri dan mempermalukan militer Amerika dengan ratusan ribu log dari Irak dan Afghanistan. [em]

XS
SM
MD
LG