Tautan-tautan Akses

Dilema Polisi Catalonia: Pemerintah Mana yang Harus Dipatuhi?


Polisi Catalonia atau Mossos d'Esquadra melakukan pengamanan saat aksi unjuk rasa di Barcelona, Spanyol.

Pada 1 Oktober, pasukan polisi kawasan Catalonia yang beranggotakan 17.000 orang menghadapi dilema: pemerintah mana yang harus mereka patuhi?

Pemerintah di Barcelona atau pemerintah pusat yang jauh di Madrid, yang menuntut pasukan tersebut bekerjasama dengan polisi nasional dan Garda Sipil dalam usaha mencegah penyelenggaraan referendum kemerdekaan oleh fihak separatis, yang oleh pemerintah Spanyol dinyatakan illegal.

Bagi pasukan polisi kawasan Catalonia yang disebut Mossos d'Esquadra, pengalaman itu memilukan secara emosional dan reaksi petugas dan komandan mereka bercampur-baur.

Dan dua hari lagi sebelum Madrid kemungkinan akan mulai menerapkan peraturan langsung atas wilayah timur laut yang memberontak di Spanyol itu, Mossos d’Esquadra sekali lagi harus memilih untuk berpihak kepada siapa, kata perwira yang diwawancarai VOA.

Pada tanggal 1 Oktober sebagian besar petugas memilih untuk tidak ikut melakukan intervensi; lainnya mematuhi perintah Madrid dan, menurut beberapa catatan, menutup tiga kali lebih banyak tempat pemungutan suara daripada polisi nasional dan Garda Sipil. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG