Tautan-tautan Akses

Parlemen Catalan akan Lakukan Sidang Penting Hari Kamis


Presiden Dewan Catalan Carme Forcadell (tengah) duduk bersama perwakilan parlemen untuk membahas langkah selanjutnya setelah pemerintah Spanyol mengumumkan rencana untuk menghapus anggota pemerintah pro-kemerdekaan di kawasan tersebut, di Parlemen Catalonia, di Barcelona, Spanyol, Senin, 23 Oktober 2017.

Parlemen Catalonia akan mengadakan sidang pleno hari Kamis, kata seorang legislator dari koalisi pendukung Catalan yang berkuasa, hari Senin (23/10). Banyak kalangan khawatir sidang itu akan menjadi kedok bagi pemungutan suara mengenai pernyataan kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.

Presiden Catalan Carles Puigdemont telah meminta parlemen agar bersidang untuk membahas dan melakukan voting mengenai cara menanggapi rencana pemerintah pusat Spanyol, yang diumumkan akhir pekan lalu, untuk memberlakukan pemerintahan terpusat terhadap daerah di bagian Timurlaut itu.

Pidato Puigdemont, Sabtu (2110) dianggap sebagai ancaman terselubung untuk memformalkan deklarasi kemerdekaan yang ambigu awal bulan ini, yang ia nyatakan ditangguhkan agar ada cukup waktu untuk melakukan perundingan.

Pemerintah Spanyol menyatakan tidak mungkin ada dialog jika kemerdekaan merupakan opsi dan mengambil langkah untuk memecat semua pejabat tinggi Catalan serta menyerukan pemilihan daerah yang dipercepat dalam enam bulan mendatang.

Lluis Corominas, juru bicara koalisi Junts pel Si (Together for Yes) di parlemen Catalan mengatakan, usul untuk mengadakan sidang pleno hari Kamis itu didukung oleh sekutu-sekutu separatis ekstrem kiri partai CUP. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG