Tautan-tautan Akses

Diduga Korupsi, Seorang Wakil Gubernur di China Selatan Diselidiki


Bendera nasional China di pelabuhan Beihai, provinsi Guangxi, China, 17 Juni 2017. (REUTERS/Stringer)

Seorang pejabat tinggi di provinsi Guangxi, China Selatan, sedang diselidiki karena korupsi, kata badan pengawas korupsi Partai Komunis yang berkuasa, Jumat (14/1).

Wakil Gubernur Liu Hongwu diselidiki karena melakukan pelanggaran serius terhadap disiplin dan hukum, kata Komite Pusat untuk Inspeksi Disiplin, menggunakan istilah standarnya untuk korupsi. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

Biografi resmi Liu mencantumkannya sebagai ekonom senior dan kepala kantor pembangunan di Teluk Beibu, yang juga dikenal sebagai Teluk Tonkin.

Guangxi berbatasan dengan Vietnam di selatan dan terkenal dengan lanskap subur formasi karstnya. Dengan perbatasan darat dan laut yang panjang, dan jaraknya yang jauh dari Beijing, kawasan ini juga terkenal sebagai area penyelundupan dan berbagai kegiatan ilegal lainnya.

Seorang mantan gubernur Guangxi, Cheng Kejie, merupakan pejabat tertinggi China yang dieksekusi karena korupsi ketika ia dihukum mati pada September 2000.

Presiden Xi Jinping, yang juga memimpin Partai Komunis, gencar menggelar kampanye melawan korupsi selama satu dekade terakhir. Banyak pejabat dan mantan pejabat di militer, pemerintah, dan partai yang ditangkap, diadili dan dihukum. Meski demikian, laju penyelidikan korupsi tampaknya melambat dalam beberapa tahun terakhir. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG