Tautan-tautan Akses

Diduga Karena Gay, Aktor “Empire” Jadi Korban Penyerangan


Jussie Smollett saat menghadiri acara Point Honors New York Gala di The Plaza Hotel, New York, 9 April 2018.

Aktor Jussie Smollet, salah satu pemeran dalam film serial televisi “Empire” dilarikan ke rumah sakit di Chicago pada Selasa (29/1), menyusul insiden penyerangan yang 'kemungkinan bermuatan kebencian', kantor berita AFP melaporkan.

Menurut penuturan polisi dan rekan kerja, para pelaku penyerangan mengikatkan tali tambang di leher aktor kulit hitam yang secara terbuka mengaku gay.

Kabar mengenai penyerangan itu mengguncang dunia hiburan dan memicu gelombang dukungan dari kelompok-kelompok advokasi gay untuk aktor berusia 36 tahun itu.

Smollet dipukuli sekitar pukul 2:00 pagi waktu setempat oleh dua penyerang yang meneriakkan “makian rasis dan homofobia” saat dia sedang berjalan di pusat kota ketiga terbesar di Amerika Serikat, kata polisi. Polisi tidak menyebut nama Smollet dalam keterangannya, hanya mengidentifikasi korban sebagai seorang aktor dari “Empire.”

Rekan-rekan pemeran dalam serial TV “Empire” dan perusahaan produksi yang mengidentifikasi Smollet sebagai korban.

Menurut polisi, para penyerang menyiramkan “cairan kimia yang tidak diketahui jenisnya” kepada Smollet dan mengikatkan tali tambang pada lehernya.

“Mengingatkan beratnya tuduhan, kami menanggapi penyelidikan ini dengan sangat serius and memperlakukan sebagai kemungkinan kejahatan kebencian,” kata Kepolisian Chicago.

Aktor sekaligus penyanyi itu sedang berada di Chicago untuk sebuah konser yang dijadwalkan pada Sabtu (2/2).

Senator Kamala Harris dari California, yang akan meluncurkan kampanye sebagai kandidat presiden perempuan kulit hitam pertama pada pilpres 2020, menyebut insiden itu sebagai “hukuman gantung tanpa pengadilan zaman modern.”

Para anggota tim produksi “Empire” dan para pemeran dan studio yang memproduksi acara itu juga angkat bicara.

“Studio, jaringan, dan produksi bersatu menghadapi tindakan kekerasan dan kebencian yang menjijikan dan khususnya terhadap salah satu dari kami,” kata 20th Century Fox Television dalam pernyataannya.

Salah satu pencipta serial TV itu, Lee Daniels, dalam unggahan video di Instagram menyebut Jussie “anak saya.”

“Kamu tidak pantas, tak seorang pun pantas, dijerat seutas tali pada lehermu,” kata Daniels, merujuk pada Smollet. [ft]

XS
SM
MD
LG