Tautan-tautan Akses

AS

Dibekap Asap Kebakaran Hutan, California Perintahkan Evakuasi 


Gedung-gedung pencakar langit di San Francisco diselimuti asap dari kebakaran hutan, Rabu, 19 Agustus 2020.

Ribuan warga California diperintahkan untuk mengungsi dan asap menyelimuti San Francisco, Rabu (19/8), di tengah kebakaran hutan yang berkobar.

Kebakaran hutan dipicu gelombang panas yang mencapai rekor, angin kencang dan lebih dari 10.000 sambaran petir hanya dalam tiga hari.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran bergegas mendatangi satu rumah ke rumah lainnya, Rabu (19/8) pagi, untuk mendesak penduduk Bay Area atau kawasan teluk itu untuk mengungsi. Di Vacaville, sebuah kota antara San Francisco dan Sacramento yang berpenduduk sekitar 100.000, petugas pemadam kebakaran mengatakan, empat orang terluka dan setidaknya 100 bangunan rusak atau hancur.

"Apa yang terjadi dalam 72 jam terakhir tentunya merugikan sumber daya negara bagian ini," kata Gubernur Gavin Newsom pada konferensi pers Rabu. Newsom menambahkan, California telah disambar petir hampir 10.900 kali dalam 72 jam terakhir, menyebabkan 367 kebakaran di seluruh negara bagian.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California yang dikenal dengan Cal Fire, mengeluarkan dan memperbarui perintah evakuasi untuk beberapa kabupaten atau county di California Utara termasuk Napa, Santa Cruz dan Sonoma. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG