Tautan-tautan Akses

AS

Petir Picu Kebakaran Hutan Baru di California


Petir di atas langit Jembatan San Francisco-Oakland Bay Bridge dibawa oleh badai yang melintas di Oakland, California, 16 Agustus 2020.

Sebuah badai musim panas yang jarang terjadi, membawa petir yang menyulut beberapa kebakaran kecil di California Utara pada Minggu (16/8) dan memicu kebakaran hutan besar yang telah memaksa ratusan orang mengungsi dari rumah mereka di Los Angeles utara.

Lebih dari 4.500 bangunan terancam oleh kebakaran hutan itu, yang membakar semak-semak tebal dan kering di Hutan Nasional Angeles.

Kebakaran yang dijuluki "Lake Fire" itu baru 12 persen terkendali pada Minggu pagi (16/8) dan telah menghanguskan semak-semak dan hutan seluas hampir 72 kilometer persegi. Para petugas pemadam kebakaran mengatakan 33 bangunan telah terbakar, termasuk belasan rumah.

Di California Utara, sebuah badai bergerak cepat dari pantai Samudera Pasifik, membawa petir, kilat dan angin kencang yang memutus aliran listrik di kawasan San Francisco Bay Area.

Cuaca buruk juga menyebabkan tornado dalam kebakaran hutan tak terkendali yang merebak di sebelah utara Lake Tahoe pada Sabtu (15/8) siang. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG