Tautan-tautan Akses

AS

Cuaca Panas, Kering Bisa Picu Kebakaran Hutan Baru di California


Para petugas pemadam kebakaran memadamkan titik-titik api kebakaran hutan di Hutan Nasional Los Angeles, California, 13 Agustus 2020.

Kenaikan suhu dan penurunan tingkat kelembaban bisa memicu kebakaran hutan baru akhir pekan ini di negara bagian California.

Para pemadam kebakaran mengendalikan tiga kebakaran hutan pada Jumat (14/5) dekat Kota Los Angeles di California selatan.

Kata pejabat dinas pemadam kebakaran, kebakaran yang dijuluki "Lake Fire" di sebelah utara Los Angeles memicu evakuasi karena mengancam lebih dari 5.400 rumah, menghancurkan 21 bangunan dan sedikitnya lima rumah serta menghanguskan lahan seluas lebih dari 79.7 kilometer persegi.

Kebakaran hutan pada Jumat (14/5) itu dipicu suhu yang mencapai 38 derajat celsius. Para peramal cuaca memperkirakan cuaca panas dan kering akan terjadi lagi akhir pekan ini, serta kemungkinan angin kencang.

Suhu tinggi yang tidak umum di seluruh negara bagian itu, Jumat (14/8), memicu Operator Sistem Independen California untuk mendeklarasikan keadaan darurat dan memerintahkan perusahaan listrik untuk melakukan pemadaman secara bergilir.

Perusahaan listrik terbesar di California, Pacific Gas & Electric, mencuit akan memadamkan aliran listrik selama satu jam bagi sekitar 200 ribu hingga 250 ribu pelanggan jika diperlukan.

Negara bagian itu terakhir kali melakukan pemadaman listrik bergilir ketika terjadi krisis energi pada 2011. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG