Tautan-tautan Akses

Di KTT G7 Trump Mungkin Dukung Isu Kesetaraan Gender dan Afrika


Presiden Perancis Emmanuel Macron dan istrinya, Brigitte (kanan) menyambut Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump di Biarritz, Perancis Sabtu (24/8).

Presiden AS Donald Trump berada di Biarritz, Perancis untuk KTT G-7 di mana dia akan bertemu dengan para pemimpin dunia yang menentangnya dalam banyak isu, termasuk tarif, Brexit, perlindungan iklim, dan isu lainnya terkait China, Iran dan Rusia.

Tapi dalam kelompok negara-negara maju di dunia ini, ada bidang kerjasama yang mungkin akan didukung Trump, atau setidaknya tidak ditentang: pemberdayaan perempuan dan Afrika.

Presiden Emmanuel Macron, selaku presiden G-7 2019 dan tuan rumah KTT, telah memilih tema memerangi ketimpangan, dengan isu-isu utama kesetaraan gender dan kemitraan dengan Afrika. Dia akan mendorong beberapa inisiatif, termasuk Kemitraan Biarritz Partnership bagi Kesetaraan Gender, dan Kemitraan bagi Sahel Afrika. Macron juga akan menyerukan dukungan baru bagi Aksi Keuangan Afirmatif untuk Perempuan di Afrika.

Meskipun Trump skeptis atas bantuan asing, dan menolak globalisme, pemerintahannya telah mengindikasikan mungkin akan mendukung setidaknya beberapa inisiatif itu, seraya mencatat bahwa Gedung Putih pernah meluncurkan upaya serupa. (vm/pp)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG