Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan Amazon, Perancis Ancam Hambat Perjanjian Dagang dengan Amerika Selatan


Asap tampak mengepul di lokasi kebakaran hutan di Humaita, Amazon, Brazil (14/8).
Asap tampak mengepul di lokasi kebakaran hutan di Humaita, Amazon, Brazil (14/8).

Perancis mengatakan hari Jumat (23/8) akan menghambat usaha mencapai perjanjian dagang besar antara Uni Eropa dan Brazil, di tengah ketegangan yang memuncak karena kebakaran besar di hutan Amazon.

Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan, “Keputusan dan pernyataan presiden Jair Bolsonaro menunjukkan bahwa ia tidak menghormati komitmennya untuk menjaga iklim bumi ataupun melibatkan diri dalam usaha mempertahankan biodiversitas.”

Sementara itu, Presiden Brazil Bolsonaro mengatakan hari Jumat ia mungkin akan mengirim tentara untuk memadamkan kebakaran hutan itu. Ia tidak mengatakan kapan tentara akan mulai melakukan tugas itu, selain mengisyaratkan hal itu akan terjadi dalam waktu dekat.

Puluhan ribu titik api terus berkobar di kawasan Amazon, dan mengancam akan memusnahkan sebagian besar ekosistem dunia yang sangat penting itu.

Hari Kamis, Bolsonaro menuduh presiden Perancis Macron “punya mentalitas kolonial (penjajah)” karena mengatakan kebakaran hutan itu harus menjadi topik utama dalam KTT negara-negara G7 yang akan diadakan mulai hari Sabtu di Biarritz, Perancis. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG