Tautan-tautan Akses

Trump Hadiri G-7 di Perancis, Santap Bersama Macron


Presiden AS Donald Trump (kiri) melakukan santap siang bersama tuan rumah, Presiden Perancis Emmanuel Macron di Biarritz, Perancis hari Sabtu (24/8).

Presiden AS Donald Trump berada di Biarritz, Perancis hari Sabtu (24/8) untuk menghadiri KTT G-7, pertemuan para pemimpin negara-negara maju dunia.

Presiden Perancis Emmanuel Macron menyambut Trump dan para pemimpin lain di Phare de Biarritz, sebuah mercusuar dari pertengahan abad ke-19 dengan pemandangan pantai Perancis yang indah. Di sana mereka menyantap hidangan khas Basque, yang disiapkan oleh koki lokal Cedric Bechade.

Itu adalah santapan kedua Trump bersama Macron di Biarritz, meskipun sehari sebelumnya Trump pernah mengancam akan memasang pajak atas anggur Perancis.

Dalam santap siang setibanya Trump hari Sabtu (24/8), kedua pemimpin itu menekankan kembali keinginan mereka untuk bekerja sama sembari membahas beragam isu termasuk perubahan iklim, Libya, Suriah, Korea Utara, Ukraina, Iran dan meningkatnya ketidakamanan di kawasan Sahel akhir pekan ini.

Macron menyebut Trump "tamu spesial." Menepis berbagai laporan mengenai ketegangan dengan tuan rumah, Trump mengatakan bahwa dia dan Macron "sebenarnya punya banyak persamaan" dan "telah berteman sejak lama."

"Sejauh ini baik-baik saja," kata Trump. "Cuacanya fantastik. Semuanya akur. Sepertinya kita akan mencapai banyak hal akhir pekan ini." (vm)

Recommended

XS
SM
MD
LG