Tautan-tautan Akses

Di AS, 17 Juta Nonton Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo


Tim pengungsi Olimpiade dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo di Olympic Stadium, di Tokyo, Jumat, 23 Juli 2021. (Foto: AFP)

Stasiun televisi NBC mengatakan sekitar 17 juta orang di AS menyaksikan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, turun 36 persen dari pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro lima tahun lalu.

Nielsen mengatakan ke-17 juta orang itu termasuk mereka yang menyaksikan siaran langsung di stasiun TV NBC atau secara daring pada Jumat (23/7) pagi dan mereka yang menyaksikan potongan-potongannya di NBC pada waktu prime time di malam harinya.

NBC tidak bisa memperinci berapa banyak orang yang menyaksikan siaran langsung dan siaran prime time. Sebanyak 26,7 juta orang yang menyaksikan upacara pembukaan Rio termasuk penonton TV dan daring.

Sembilan tahun lalu, ketika Olimpiade Musim Panas diadakan di London, upacara pembukaan disaksikan oleh 40,7 juta orang. Ini adalah jumlah penonton rekor.

Aturan Masker di Podium

Sementara itu, wajah-wajah pemenang akan sedikit terlihat dalam Olimpiade Tokyo.

Pada Minggu (25/7), Komite Olimpiade Internasional melonggarkan aturan kesehatan dan mengatakan para pemenang boleh melepas masker mereka di podium untuk berfoto selama 30 detik.

Ini, kata IOC, mengakui "momen unik dalam karir olahraga mereka."

Sebelumnya protokol kesehatan mengharuskan semua pemenang untuk tetap mengenakan masker selama upacara. [vm/ft]

Medali Olimpiade Rio 2016

XS
SM
MD
LG