Tautan-tautan Akses

Fiat Chrysler, Google Mulai Tawarkan Tumpangan dalam Mobil-Mobil Swakemudi


Tim Kuniskis, Kepala Divisi Kendaraan Penumpang untuk merk-merk –Dodge, SRT, Chrysler dan Fiat, serta FCA-Amerika Utara berpose dengan penghargaan yang diterima oleh Chrysler Pacifica sebagai Kendaraan Serbaguna Terbaik untuk Tahun 2017 selama Pameran Mobil Internasional Amerika Utara yang diselenggarakan di Detroit, Michigan, AS tanggal 9 Januari 2017 (foto: REUTERS/Mark Blinch)

Untuk pertama kalinya FiatChrysler dan Google akan menawarkan tumpangan untuk publik dalam mobil-mobil swakemudi yang mereka produksi dibawah kemitraan yang semakin diperluas.

Fiat Chrysler dan Google untuk pertama kalinya akan menawarkan tumpangan untuk publik dalam mobil-mobil swakemudi yang mereka produksi dibawah kemitraan yang semakin diperluas.

Perusahaan-perusahaan tersebut mengumumkan pada musim semi tahun lalu bahwa mereka akan memproduksi 100 minibus hibrida swakemudi Chrysler Pacifica. Kendaraan-kendaraan tersebut telah diuji coba di Arizona, California, dan Michigan.

Waymo, proyak kendaraan swakemudi Google, menyatakan hari Selasa bahwa proyek tersebut akan mengizinkan ratusan orang di Pheonix untuk menumpang dalam kendaraan-kendaraan tersebut sehigga proyek tersebut dapat menerima masukan dari pengalaman yang penumpang rasakan. Orang-orang dapat mengajukan pemohonan untuk berpartisipasi dalam uji coba tumpangan lewat situs web Waymo.

Perusahaan tersebut juga menyatakan mereka menambah armada mobil hibrida Pacifica hingga 500 unit.

Waymo – yang diluncurkan Google tahun 2009 – sebelumnya telah memberi tumpangan kepada kalangan masyarakat di tempat asalnya di Mountain View, California. Tahun 2015, perusahaan tersebut mengizinkan seorang tunanetra untuk berkendara di sekeliling Austin, Texas, dalam satu dari kapsul yang sepenuhnya digerakkan secara swakemudi. Skala program Pheonix akan jauh lebih besar, dan program ini untuk pertama kalinya akan menggunakan minibus Pacifica.

Perusahaan-perusahaan lain yang berlomba untuk mengembangkan kendaraan-kendaraan swakemudi telah mengizinkan orang-orang untuk merasakan berkendara dalam mobil-mobil ciptaan mereka sejak musim gugur yang lalu. Uber telah meluncurkan mobil-mobil swakemudi Volvo nya di jalanan kota Pittsburgh sejak beberapa waktu lalu. Perusahaan rintisan asal Boston, nuTonomy, memberi tumpangan taksi di Singapura dan Boston. Dalam keseluruhan kasus, ada pengemudi cadangan di belakang setir kendaraan-kendaraan tersebut.

Waymo menyatakan proyek tersebut ingin mendapatkan masukan kemana orang ingin menumpang kendaraan swakemudi, bagaimana mereka berkomunikasi dengan kendaraan tersebut, dan informasi dan kendali macam apa yang mereka inginkan.

Fiat Chrysler mengembangkan minibus Pacifica di Windsor, Kanada, persis di seberang perbatasan dengan Detroit. Perusahaan tersebut telah menambahkan baik perangkat lunak maupun perangkat keras Waymo pada kendaraannya, termasuk sensor dan kamera, di fasilitas produksinya di Michigan. Kantor pusat Fiat Chrysler AS berlokasi di Auburn Hills, Michigan.

“Kerjasama ini membantu kedua perusahaan untuk mempelajari cara meluncurkan mobil-mobil swakemudi ke pasaran, dan mewujudkan manfaat keamanan dan mobilitas dari teknologi ini,” ujar Dirut Waymo, John Krafcik, dalam sebuah rilis perusahaannya.

Para penumpang awal ini akan memainkan peran penting dalam membentuk cara kami memperkenalkan teknologi swakemudi ke seluruh dunia – lewat mobil-mobil pribadi, transportasi publik, kendaraan berbagi tumpangan, kendaraan logistik, dan banyak lagi. Kendaraan-kendaraan swakemudi berpotensi untuk membentuk ulang tiap-tiap dan masing-masing dari bidang-bidang tersebut, mengubah kehidupan kita dan kota-kota kita lebih aman, nyaman, dan akses yang lebih terbuka.

Waymo telah mengklarifikasi bahwa mereka berniat untuk membentuk kemitraan dengan para produsen kendaraan dan tidak memproduksi mobil-mobil swakemudinya sendiri. Proyek tersebut juga sudah mengadakan pembicaraan dengan Honda Motor Co. tentang potensi kerjasama. [ww]

XS
SM
MD
LG