Tautan-tautan Akses

8 Tewas dalam Aksi Protes Kasta Rendah atas Putusan MA India


Para anggota kelompok Dalit, sebuah kasta rendah, melakukan aksi protes di Mumbai, India, Senin (2/4).
Para anggota kelompok Dalit, sebuah kasta rendah, melakukan aksi protes di Mumbai, India, Senin (2/4).

Setidaknya delapan orang tewas di India hari Senin (2/4), ketika kelompok Hindu berkasta rendah memimpin protes-protes disertai kekerasan terhadap putusan Mahkamah Agung atas Undang-undang SC/ST, sebuah undang-undang 1989 yang melindungi mereka dari diskriminasi kasta, tetapi yang mereka klaim diperlemah oleh Mahkamah Agung.

Di beberapa negara bagian utara dan tengah, puluhan ribu pengunjuk rasa kasta rendah Dalit menyerukan pemogokan nasional, dan memblokir lalu lintas, berjongkok di rel kereta api, menyerang kendaraan dan melempar batu ke arah polisi. Pasar-pasar dan sekolah-sekolah ditutup di banyak kota. Ribuan meneriakkan slogan-slogan di ibu kota New Delhi.

Menurut polisi, sebagian besar korban tewas dalam bentrokan terjadi di negara bagian Madhya Pradesh. Layanan internet dihentikan di banyak tempat untuk mencegah protes agar tidak menjalar. Tentara bersiaga di beberapa negara bagian dengan populasi kasta rendah yang besar seperti Punjab.

Dalit, kasta yang paling bawah dari hirarki kasta Hindu, telah menjadi marah oleh keputusan pengadilan tinggi baru-baru ini yang langsung memenjarakan seseorang yang ditangkap dan dituduh melakukan kejahatan terkait kasta dan membatasi secara ketat kemungkinan pembebasan dengan jaminan.

Undang-undang ketat itu diberlakukan untuk melindungi masyarakat yang terpinggirkan dari diskriminasi. Namun hal itu memicu kekhawatiran bahwa UU itu akan disalahgunakan, pengadilan mengatakan penangkapan hanya boleh dilakukan setelah dilakukan penyelidikan. Pengadilan mencatat sekitar 15 persen dari keluhan yang diajukan tahun 2015 adalah palsu.

Kelompok-kelompok kasta rendah khawatir keputusan itu akan membuat mereka dihadapkan pada lebih banyak pelecehan, mereka juga mengeluh bahwa penyelenggaraan UU itu buruk dan tingkat penghukuman rendah. Warga Dalit berjumlah sekitar 200 juta orang dari penduduk India sebanyak 1,2 miliar.

Pemerintah menyerukan agar masyarakat tenang dan mengatakan pihaknya sedang mengkaji kembali keputusan itu. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG