Tautan-tautan Akses

Daerah-daerah Pinggiran New York Bertekad Hentikan Bus yang Bawa Migran


Sejumlah migran pencari suaka menikmati makan siang mereka di fasilitas penampungan di El Paso, Texas, sebelum mereka berangkat menuju Chicago dan New York pada 3 Oktober 2022. (Foto: Reuters/Paul Ratje)
Sejumlah migran pencari suaka menikmati makan siang mereka di fasilitas penampungan di El Paso, Texas, sebelum mereka berangkat menuju Chicago dan New York pada 3 Oktober 2022. (Foto: Reuters/Paul Ratje)

Seorang pejabat tinggi yang mewakili daerah di pinggiran New York pada Senin (8/5), bertekad akan menentang rencana Wali Kota Eric Adams yang akan mengirim para pencari suaka ke daerah tersebut.

Eksekutif Rockland County Ed Day, yang merupakan pejabat dari Partai Republik, mengatakan akan memberlakukan keadaan darurat. Ia berencana melangsungkan konferensi pers untuk membahas rencana Eric Adams mengangkut hingga 300 migran dewasa lajang ke hotel di Rockland dan Orange County.

Adams, yang merupakan anggota dari Partai Demokrat, pada Jumat (5/5) lalu mengumumkan rencana untuk mengangkut para migran itu ke dua kabupaten bagian utara kota itu secara sukarela. Program itu, tambahnya, akan membantu kota itu mengatasi lebih dari 37.500 pencari suaka yang sudah menjadi bagian dari layanan kota tersebut.

Adams mengatakan para migran akan diberi makan dan layanan lain selama mereka berada di hotel tersebut.

Rockland County Umumkan Keadaan Darurat

Ed Day, pada Sabtu (6/5), menanggapi pernyataan itu dengan mengumumkan keadaan darurat. Ia mengatakan Rockland County telah mengalami krisis perumahan yang “ekstrem” dan mengirim bus-bus yang membawa migran “hanya akan menambah masalah itu sepuluh kali lipat, sambil menekankan bahwa sistem pendukung kota sudah mencapai titik puncaknya.”

Dalam pernyataannya, Day mengatakan keadaan darurat akan tetap berlaku setidaknya selama 30 hari ke depan, termasuk denda sebesar $2,000 per migran untuk hotel dan kotamadya mana pun yang mengirim migran ke Rockland County.

Day juga menyerukan warga daerah itu untuk datang ke Hudson Valley pada Rabu (10/5) di mana Presiden Joe Biden akan menyampaikan pandangannya soal pagu utang.

“Saya mendorong setiap orang untuk datang ke sana dan menanyakan kepadanya tentang rencananya mengatasi krisis kemanusiaan di perbatasan kita, dan di New York, dan di Hudson Valley, akibat kebijakan-kebijakan (yang diambil pemerintah).”

Juru bicara Adams belum menanggapi pengumuman yang disampaikan Day, dan merujuk pada rilis berita hari Jumat tentang rencana yang disampaikan Adams itu. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG