Tautan-tautan Akses

AS

Cuaca Sangat Panas, Sejumlah Pesawat Dilarang Terbang di AS


Sebuah pesawat jet American Eagle tampak harus melewati gelombang udara panas saat mendaraat di bandara Sky Harbor di Phoenix, Arizona Senin (19/6).

Suhu udara sangat panas di Amerika barat daya sehingga membuat penerbangan dari Phoenix, Arizona, dibatalkan.

Suhu udara hari Selasa (20/6) diperkirakan mencapai 49 derajat Celsius, yang berarti terlalu panas bagi sejumlah pesawat untuk beroperasi.

American Airlines mengatakan pihaknya akan membatalkan 38 penerbangan yang sedianya lepas landas dari bandara Sky Harbor Phoenix pada saat suhu udara paling panas yaitu antara jam 3 siang hingga 6 sore.

Sebagian besar penerbangan yang dibatalkan itu adalah penerbangan jarak pendek, penerbangan regional karena pesawat yang lebih kecil yang digunakan. Satu pesawat jet kecil yang umum digunakan – Bombardier CRJ – memiliki suhu operasi maksimum 48 derajat Celsius.

Pasalnya udara panas lebih tipis dibanding udara dingin dan membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi supaya pesawat punya daya angkat yang cukup untuk bisa lepas landas. Bandara-bandara yang berada di ketinggian juga menghadapi masalah serupa karena udara yang lebih tipis.

Menurut laporan Organisasi Maskapai Penerbangan Sipil Internasional Tahun 2016, suhu panas “memiliki konsekuensi sangat buruk bagi kinerja lepas landas pesawat, dimana ketinggian atau landasan pacu yang pendek membatasi muatan atau bahkan kapasitas bahan bakar.”

Pesawat terbang yang lebih besar – seperti Boeing dan Airbus – bisa terbang dengan suhu hingga 53 derajat Celsius. [em/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG