Tautan-tautan Akses

Covid-19 Diduga Terkait Penyakit Peradangan pada Anak-anak


Russel Bowers, seorang relawan (kanan), mengantar makanan untuk Becky Foster (32), dan kedua anaknya di Edinburgh, Skotlandia, di tengah pandemi virus corona, 22 April 2020. (Foto: AFP)

Dokter-dokter di Inggris, Italia, Portugis dan Spanyol sedang meneliti kemungkinan kaitan antara penyakit radang pernafasan pada anak-anak dan virus corona.

Semakin banyak anak dari berbagai usia di beberapa negara Eropa telah dirawat di rumah sakit dengan demam tinggi dan masalah jantung. Sebagian juga menderita masalah pencernaan, seperti muntah dan diare.

Anak-anak tampaknya menderita penyakit Kawasaki yang lebih umum menjangkiti balita di di beberapa bagian Asia. Gejala-gejalanya termasuk ruam kulit, pembengkakan kelenjar dan dalam kasus yang parah menyebabkan peradangan jantung dan pembuluh darah. Penyebab penyakitnya tidak jelas.

Setelah mendengar dari dokter anak, Sistem Kesehatan Nasional Inggris mengeluarkan peringatan yang mengatakan: "Dalam tiga minggu terakhir telah terjadi peningkatan yang nyata dalam jumlah anak-anak dari segala usia yang mengalami radang multisistem yang membutuhkan perawatan intensif di London dan juga di wilayah lain Inggris”.

Sebagian anak dinyatakan positif mengidap virus corona, tetapi tidak semua, menunjukkan bahwa patogen lain mungkin terlibat. Tes darah mereka menunjukkan peradangan parah, mirip dengan tes darah pada orang dewasa yang tertular COVID-19 yang parah. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG