Tautan-tautan Akses

AS

Fauci Sebut Kata-katanya dalam Iklan Kampanye Trump Diambil 'di Luar Konteks'


Dr. Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mendengarkan selama Dengar Pendapat Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja, dan Pensiun Senat tentang tanggapan pemerintah federal terhadap Covid-19 di Capitol Hill, AS. (Foto: AP)

Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular di AS, memberitahu CNN pada Minggu (11/10) bahwa komentarnya diambil "di luar konteks" dalam sebuah iklan kampanye Presiden Donald Trump.

Fauci mengatakan iklan itu, yang dirilis Sabtu (10/10) sementara Trump dalam proses pemulihan dari virus corona, diambil tanpa ijinnya.

"Selama hampir lima dekade sebagai pelayan masyarakat, saya tidak pernah mengumumkan dukungan terhadap kandidat politik manapun. Komentar itu diambil tanpa seizin saya dalam iklan kampanye GOP dan diambil di luar konteks dari pernyataan luas yang saya sampaikan beberapa bulan lalu mengenai upaya para pejabat kesehatan masyarakat," kata Fauci dalam pernyataan kepada CNN.

Iklan berdurasi 30 detik itu menampilkan potongan video Fauci mengatakan, "Saya tidak bisa membayangkan... ada yang bisa melakukan lebih dari ini," setelah suara narasi menyebut soal upaya Trump mengatasi pandemi.

Kutipan itu pertama kali muncul dalam wawancara dengan Fox News pada Maret. Dalam wawancara itu, Fauci mengatakan ketika itu, "Kita tidak pernah mengalami ancaman seperti ini. Respon yang terkoordinasi... ada banyak kata untuk menggambarkannya -- impresif, adalah salah satunya. Semua orang turun tangan. Saya, salah satu dari banyak orang dalam tim,saya bukan satu-satunya." "Sejak pertama kali menyadari ini apa," lanjutnya, "Saya mencurahkan hampir sepenuhnya untuk hal ini. Saya ke Gedung Putih hampir setiap hari dengan gugus tugas. Setiap hari. Maka, saya tak bisa membayangkan dalam situasi itu ada orang yang bisa melakukan lebih dari ini."

Direktur komunikasi kampanye Trump, Tim Murtaugh, menanggapi komentar Fauci mengenai iklan itu, mengatakan kepada CNN, "Itu kata-kata Dr. Fauci sendiri. Videonya dari wawancara di sebuah stasiun TV nasional dimana Dr. Fauci memuji upaya pemerintahan Trump. Kata-kata yang disampaikannya akurat, dan keluar langsung dari mulut Dr. Fauci."

Lebih dari 214.640 warga AS meninggal dunia akibat virus corona di AS, menurut data terbaru Universitas Johns Hopkins. Data itu juga mencatat lebih dari 7.7 juta orang di AS terinfeksi.

Belum ada respon segera dari tim kampanye Joe Biden terkait kontroversi iklan itu. Biden selama ini sangat kritis terhadap cara presiden menangani pandemi. Biden baru-baru ini mengatakan kepada NBC News dia akan mendesak para gubernur, wali kota dan pejabat county untuk menggunakan kewenangan mereka untuk mewajibkan penggunaan masker di yurisdiksi mereka. Dia sebelumnya menyerukan mandat penggunaan masker secara nasional. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG