Tautan-tautan Akses

AS

Citra AS Merosot Sejak Trump Memimpin


Presiden Donald Trump berbicara dalam konferensi pers mengenai perdagangan antara AS, Kanada, dan Meksiko di Rose Garden, Gedung Putih, 1 Oktober 2018.

Citra Amerika semakin merosot di kalangan sekutu lama setahun sesudah Presiden Donald Trump melontarkan kata-kata sengit terhadap negara-negara seperti Kanada dan Jerman, demikian menurut Pew Research Center, seperti dilaporkan oleh Reuters.

Survei atas 25 negara oleh Center itu juga menunjukkan bahwa responden dari seluruh dunia kurang percaya atas kemampuan Trump memimpin dibanding dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping.

Sejak dilantik sebagai presiden pada Januari 2017, Trump telah menarik Amerika keluar dari perjanjian internasional seperti Perjanjian Iklim Paris dan Perjanjian Nuklir Iran, ramah dengan pemimpin seperti Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan mengkritik tetangga serta sekutu sesama anggota NATO.

Pada Juni seusai KTT G7 di Kanada, Trump tidak mau menandatangani pernyataan bersama dengan sekutu Amerika, mengatai tuan rumah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sebagai tidak jujur dan lemah. Dan berulang kali menyerang Jerman karena surplus perdagangannya dengan Amerika, anggaran pertahanannya yang rendah, dan ketergantungan pada gas dari Rusia.

Dalam pidato di Majelis Umum PBB pekan lalu, ia mengundang tawa kecil dari para pemimpin lain ketika mengklaim bahwa ia telah mencapai jauh lebih banyak dalam dua tahun di Gedung Putih daripada hampir pemerintahan manapun dalam sejarah Amerika. [al]

XS
SM
MD
LG