Tautan-tautan Akses

China Tuduh Negara Lain Lepas Tanggung Jawab Soal Nuklir Korea Utara


Foto dari cuplikan video menampilkan juru bicara Kemenlu China, Geng Shuang, berbicara selama briefing kepada pers di Beijing, Selasa, 11 Juli 2017 (AP Photo)

China mengatakan, pihaknya tidak harus menjadi satu-satunya negara yang bertanggungjawab untuk menyelesaikan soal nuklir Korea Utara; dan menuduh negara lain melepaskan diri dari tanggungjawab untuk meredakan ketegangan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang menerangkan kepada wartawan hari Selasa bahwa negaranya tetap memikul kewajibannya sesuai dengan resolusi PBB sementara negara lain mengipas-ngipas krisis itu dan merusak kepentingan mereka sendiri.

China adalah satu-satunya sekutu besar diplomatik dan mitra dagang Korea Utara. Amerika bersama negara lain meminta Beijing menggunakan pengaruhnya untuk menekan Pyongyang mengekang ujicoba nuklir dan misil yang bertentangan dengan sanksi PBB.

Geng mengatakan, China secara tidak adil ditunjuk selaku satu-satunya yang bertanggungjawab. Negara-negara lain, katanya, juga bersalah hanya cuci tangan dalam krisis itu, tidak mau melentur dan menikam dari belakang. [ps/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG