Tautan-tautan Akses

China Peringati 75 Tahun Berakhirnya Perang Dunia II


Artileri anti-pesawat melewati Gerbang Tiananmen selama parade militer untuk menandai peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua. (Foto: Reuters/Jason Lee)

China, Kamis (3/9), memperingati 75 tahun berakhirnya Perang Dunia II di kawasan Pasifik.

Kepala negara sekaligus pemimpin Partai Komunis Xi Jinping memimpin upacara mengheningkan cipta yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah di sebuah tugu peringatan yang didedikasikan khusus bagi tentara dan warga sipil yang berpartisipasi dalam perjuangan mengakhiri invasi brutal dan pendudukan Jepang. Kegiatan itu juga disertai peletakan karangan bunga.

Peringatan yang berlangsung sederhana karena wabah virus corona ini sangat kontras dibandingkan dengan peringatan hari-hari besar sebelumnya yang berlangsung besar-besaran dan meriah. Untuk memperingati 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China pada 1 Oktober lalu, contohnya, negara itu menggelar parade militer besar-besaran yang melalui pusat kota Beijing.

Sebelumnya hari itu, menurut kantor berita Xinhua, Xi melangsungkan pembicaraan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada kesempatan itu, Xi mengungkapkan keinginan untuk mewujudkan “keadilan internasional” – sebuah pernyataan yang tampaknya ditujukan untuk memperingati perjuangan bersama China dan bekas Uni Soviet dalam perang melawan blok Axis (Poros) yang mencakup Jerman, Italia dan Jepang; serta menegaskan kerja sama erat antara Rusia dan China dalam beberapa tahun terakhir dalam menentang pengaruh Barat.

Dikutip Xinhua, Xi mengatakan, peringatan 75 tahun berakhirnya perang itu seharusnya digunakan sebagai peluang untuk memperdalam koordinasi strategis yang komprehensif antara kedua negara. [ab/uh]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG