Tautan-tautan Akses

AS

Trump Tetapkan Kota Wilmington Sebagai "Kota Warisan" Perang Dunia II 


Presiden Donald Trump menyapa para pendukungnya di Bandara Internasional Wilmington, di Wilmington, North Carolina, Rabu, 2 September 2020. (Foto: Reuters)

Presiden Donald Trump, Rabu (2/9), menyatakan kota pelabuhan Wilmington di North Carolina sebagai "Kota Warisan" Perang Dunia II.

Trump menyatakan hal itu saat mengunjungi negara bagian yang menentukan pada pemilu pada Hari V-J (hari peringatan kemenangan atas Jepang pada Perang Dunia II).

Kongres awal tahun ini mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) yang mencakup ketentuan yang mewajibkan menteri dalam negeri setiap tahun menunjuk satu kota di Amerika sebagai "Kota Amerika Warisan Perang Dunia II".

"Adalah kehormatan besar bagi saya untuk secara resmi menunjuk Wilmington, North Carolina, sebagai kota warisan Perang Dunia Kedua pertama di negara kita. Ini penting, Wilmington menjadi yang pertama di negara kita," kata Trump.

Trump tidak melewatkan kesempatan itu untuk merayakannya secara langsung, meskipun juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany awal pekan ini berkeras "tidak ada tujuan politik dalam kunjungan ini."

Kunjungan Presiden ke North Carolina dilakukan sementara dewan county (daerah setingkat kabupaten), akan mulai mengirimkan surat suara kepada pemilih pada Jumat (4/9). Wakil Presiden Mike Pence akan menyusul kunjungan presiden itu dengan pergi Raleigh pada Kamis (3/9).

Trump memenangkan North Carolina dengan 3,6 poin persentase pada 2016, tetapi jajak pendapat menunjukkan persaingan yang sangat ketat di negara bagian yang memberi 15 suara elektoral bagi pemenang persaingan.

Mantan wakil presiden Joe Biden, calon presiden dari Partai Demokrat, merilis pernyataan sebelum kunjungan itu dengan mengatakan Trump belum memberi North Carolina peta jalan dan sumber daya yang diperlukan untuk melindungi bisnis, sekolah, dan keluarga dari virus corona.

"Bukannya menghormati pengorbanan pahlawan garis depan kita, Presiden Trump berulang kali mengabaikan pedoman kesehatan masyarakat untuk tujuan politik," kata Biden.

Wilmington merupakan lokasi kapal perang Battleship North Carolina sejak 1962. Kapal itu aktif di lautan Pasifik selama Perang Dunia II dan sekarang menjadi museum terapung. Hershel "Woody" Williams, marinir terakhir yang masih hidup yang pernah bertempur dalam Pertempuran Iwo Jima di Pasifik dan penerima medali kehormatan Medal of Honor ikut bersama presiden dalam kunjungan itu.

Kota ini juga merupakan tempat Perusahaan Pembuatan Kapal North Carolina yang membangun kapal untuk mendukung upaya perang. Kunjungan Trump itu juga dilakukan pada hari AS memperingati kemenangan atas Jepang. [my/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG