Tautan-tautan Akses

China Mungkin Hidupkan Kembali Gelar Ketua


Presiden China Xi Jinping menginspeksi pasukan Tentara Pembebasan Rakyat garnisun Hong Kong, 30 Juni 2017.

Hanya ada satu Ketua di China, yaitu Ketua Mao Zedong.

Ia menjabat sebagai Ketua Komite Sentral Partai Komunis Chna, gelar dengan kekuasan mutlak yang oleh para pemimpin partai dihapuskan beberapa tahun sejak kematian Mao tahun 1976.

Tetapi apakah gelar itu benar-benar dihapuskan? Mungkin tidak, mengingat tanda-tanda musim panas ini bahwa Presiden Xi Jinping mungkin akan berusaha menghidupkannya kembali.

Pada 30 Juni, dalam sebuah parade militer di garnisun Hong Kong Tentara Pembebasan Rakyat, PLA, Xi menyapa pasukan dengan “Salam, kamerad!." Bukannya menjawab dengan “Salam, Pemimpin!” para tentara menjawab dengan teriakan: “Salam, Ketua!.”

Ini terjadi lagi tanggal 30 Juli, dalam parade militer memperingati 90 tahun PLA di pangkalan pelatihan militer Zhurihe di Mongolia Dalam. Tentara yang berbaris di sana menjawab sapaan Xi dengan “Salam, Ketua!”

Xi adalah Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis dan juga Ketua Komisi Militer Pusat. Menjelang Kongres Nasional Ke-19 yang akan diselenggarakan di Beijing dalam beberapa bulan, penyimpangan dari protokol resmi --mengenai penggunaan sekretaris jenderal dan bukannya ketua -- yang selalu dipatuhi Deng Xiaoping, Jiang Zemin, dan Hu Jintao itu, membuat sebagian analis menduga bahwa Xi mungkin ingin menghidupkan kembali gelar Ketua. [ds]

XS
SM
MD
LG